Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Search Console

Gambar cara mendaftarkan blog ke google search console
2 Cara mendaftarkan blog ke Google Search Console yang akan saya ulas kali ini berdasarkan praktik dari blog saya sendiri ya sahabat BB.

Jadi, ketika saya mensubmit blog ke Google Webmaster Tools yang sekarang menjadi Google Search Console, saya sambil screenshot kemudian menyimpannya.

Sehingga hari ini saya akan membuatkan artikel untuk sahabat BB yang baru bikin blog agar blog sahabat BB bisa terindeks dan muncul di halaman pencarian google.

Sebelum melakukan tutorial ini, yang paling penting kamu harus sudah punya akun Google. Kalau belum punya kamu bisa mendaftar akun Google baru dulu ya.

2 Cara mendaftarkan blog ke Google Search Console

2 cara atau metode ini saya bedakan berdasarkan domain yang dihosting di Google. Dan domain yang menggunakan hosting sendiri

Domain yang dihosting di Google ini maksudnya kalau kita membuat blog dengan CMS blogger.com atau blogspot, bisa dengan domain yang masih gratis maupun yang sudah menggunakan domain kustom.

Sedangkan domain yang menggunakan hosting sendiri itu contohnya kalau kita membuat blog atau website dengan CMS WordPress.org

Mendaftarkan blog ke Google Search Console dengan domain yang dihosting di Google 

  1. Silahkan sahabat BB pergi ke halaman https://search.google.com/search-console


  2. Klik tanda panah kemudian Tambahkan Properti


  3. Pada bagian Pilih Jenis Properti ini kamu bisa memilih Jenis Properti Domain atau Awalan URL, karena verifikasi kepemilikan akan dilakukan secara otomatis. Pada contoh kali ini saya menggunakan properti Domain, ketik nama domain kamu di bagian "Domain" sebelah kiri(Rekomendasi). Tanpa menggunakan awalan Http/Https maupun subdomain WWW ya, lalu klik Lanjutkan.

    Gambar cara mendaftarkan blog ke google search console

  4. Akan muncul notifikasi Kepemilikan diverifikasi otomatis, kemudian klik Buka properti untuk melihat nama domain kamu sudah berhasil di daftarkan ke Google Search Console.

    gambar cara verifikasi domain di Google search console

Mendaftarkan blog ke Google Search Console dengan domain yang menggunakan hosting sendiri

Untuk cara yang kedua ini langkah-langkahnya sama persis dengan cara di atas, yang membedakan adalah pada saat verifikasi kepemilikan properti domain.

  1. Silahkan sahabat BB lakukan cara no.1 sampai dengan no.3 di atas, setelah klik Lanjutkan akan muncul Memverifikasi kepemilikan domain melalui data DNS.

    gambar memverifikasi kepemilikan domain melalui data DNS

  2. Pilih jenis data TXT (direkomendasikan), jangan tutup dulu halaman ini kemudian tambahkan tab browser baru untuk pergi ke penyedia nama domain kamu lalu salin data TXT tadi ke bagian DNS management kemudian Add Record. Pastikan untuk Type recordnya kamu ganti ke TXT lalu simpan. 

  3. Berikutnya kembali ke halaman Google Search Console tadi lalu Klik VERIFIKASI.
    **NB: Langkah ini bisa sahabat BB lakukan apabila penyedia domain dan layanan hosting berbeda.

    Namun apabila penyedia domain dan hosting di tempat yang sama, kamu bisa menambahkan data TXT tadi ke Cpanel lalu buka Zone Editor.

  4. Pilih nama domain yang ingin kamu verifikasi, lalu klik Manage.


  5. Di halaman ini silahkan sahabat BB klik +Add Record, lalu ganti type recordnya menjadi TXT.


  6. Isi nama domain kamu pada kolom Nama lalu tempel data TXT tadi pada kolom Record, kemudian klik Save Record.


  7. Selanjutnya kembali ke halaman Google Search Console tadi kemudian Klik VERIFIKASI. Dan akan keluar notifikasi Kepemilikan telah diverifikasi.

    Gambar cara verifikasi domain di google serach console

Setelah sahabat BB berhasil menambahkan properti domain atau blog ke Google Search Console, jangan lupa untuk menambahkan Sitemap XML juga ya. Hal ini sangat penting untuk mendukung upaya SEO blog kita.

Jika langkah untuk meningkatkan SEO blog kita sudah benar, maka akan lebih mudah blog kita untuk bisa terindeks dan muncul di halaman pertama mesin pencari Google.

Demikian Tutorial Ngeblog kali ini tentang 2 cara mendaftarkan blog ke Google Search Console. Semoga dapat bermanfaat buat sahabat BB, apabila ada kesulitan silahkan tanyakan saja pada kolom komentar ya. Salam sukses untuk blogger Indonesia!

Posting Komentar untuk "2 Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Search Console"