Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Sitemap XML Untuk Blogger


 gambar cara membuat sitemap xml untuk blogger


Cara membuat sitemap xml untuk blogger ini sangat penting untuk Anda lakukan, apabila blog baru yang sedang Anda buat ingin cepat terindex oleh Google dan bisa muncul di halaman SERP.

Hal ini akan sangat membantu meningkatkan kualitas SEO blog Anda, ketika Anda baru selesai membuat artikel maka Googlebot akan segera merayapi postingan terbaru Anda.

Dan yang akan terjadi adalah artikel Anda tadi akan segera bisa ditemukan oleh mesin pencari Google, Bing, Yandex, Yahoo! search, Baidu dan lain-lain.

Ketika blog kita sudah muncul pada Search Engine, maka dampak baiknya blog kita akan mendapatkan trafic dari pengunjung yang sedang membutuhkan informasi dari artikel yang kita tulis.

Namun pada tutorial ngeblog kali ini saya hanya akan membahas cara untuk menambahkan peta situs (Sitemap) XML ke dalam Google search console.

Tutorial Cara Membuat Sitemap XML Untuk Blogger

1. Silahkan Sobat BB masuk ke akun Google Search Console.

Apabila sobat belum mensubmit blognya ke Google Search Console, silahkan baca dulu tutorial cara mendaftarkan blog ke Google Search Console.

2. Lihat sidebar sebelah kiri, kemudian klik Peta Situs.

gambar cara bikin sitemap xml

3. Buat peta situs baru pada bagian Tambahkan peta situs baru.

Silahkan tulis alamat URL blog Sobat BB dan tambahkan Sitemap.xml di belakangnya, sebagai contoh https://namadomainkamu.com/sitemap.xml kemudian klik tombol Kirim.

4. Tunggu proses mengirimkan peta situs sampai selesai.

Kemudian akan muncul notifikasi Peta situs berhasil dikirimkan. lalu klik OK

gambar tutorial membuat sitemap xml di google search console

5. Membuat sitemap XML untuk blogger kita sudah berhasil.

Maka akan ada keterangan status Sukses yang berwarna hijau seperti gambar di bawah ini.

gambar cara agar blog cepat terindex google

6. Dalam beberapa kasus saat saya membuat sitemap XML untuk blog saya tidak langsung sukses.

 Ini akan ditandai dengan status Tidak dapat mengambil peta situs.

gambar cara mengirimkan peta situs XML ke google

Hal ini saya ambil kesimpulan untuk sementara waktu penyebabnya adalah domain yang saya kirim peta situsnya ke Google Search Console berekstensi my.id, bahkan sampai sekarang statusnya masih merah Tidak dapat mengambil peta situs. Meskipun untuk artikelnya sudah muncul di halaman pencarian Google.

Namun untuk blog saya yang memiliki ekstensi .com (dot com), tidak membutuhkan waktu lama untuk peta situs yang dikirimkan berstatus hijau Sukses.

Itulah tadi sedikit tutorial ngeblog untuk pemula kali ini tentang cara membuat sitemap XML untuk blogger. Apabila sobat BB ada kesulitan atau hasil lain setelah mengikuti tutorial ini silahkan bagikan pengalaman sobat di kolom komentar ya. Salam sukses

4 komentar untuk "Cara Membuat Sitemap XML Untuk Blogger"

  1. Itu kayaknya ada masalah di breadcrumbnya, makanya ga bisa berhasil pasang sitemap, tapi iya juga sih, my.id terbaru sekarang tuh banyak banget masalahnya, mungkin saking murahnya ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya cek kak breadcrumbnya, ada 6 valid semua dan bagus. Kemungkinan memang dari domainnya kak, info dari teman-teman grup komunitas blogger di FB juga mengalami hal yang sama.

      Hapus
  2. saya masih ke susahan submit sitemap xml domain my.id mas, blog saya https://www.pinjamanku.my.id/

    BalasHapus
  3. Masih error submit.

    BalasHapus